Cara Membuat Macro






1. Buka dokumen Word baru
2Ketik dalam beberapa kata dari teks. Kata-katanya terserah kamu nya.
3. Tekan semua kata-kata di teks Anda, atau hanya satu kata dari teks
4.  Dari menu bar, klik Tools
5. Dibagian bawahnya menu klik pada Makro
6. Sebuah sub menu akan muncul
7. Klik pada Rekam Macro Baru

Ketika Kamu menekan pada Rekam Macro Baru, Anda mendapatkan kotak dialog Macro bermunculan. Ini terlihat seperti di bawah :

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan makro Anda nama. Pada saat itu disebut dengan “Macro1”. Itu bukanlah nama yang sangat deskriptif untuk apa yang kamu inginkan makro kita lakukan. Kami akan membuat dengan nama FontChanger. Perhatikan bahwa kamu tidak menempatkan spasi di antara dua kata tersebut. Hal ini karena macro tidak ingin memiliki spasi di antara kata-katanya. Kamu harus memasukkan nama makro Kamu,karena semua satu kata.
Jadi lihat ke depan dan ketik FontChanger sebagai nama Makronya, bukan Macro1.
Bagian selanjutnya adalah “Menetapkan makro untuk?”. Kamu diberi pilihan baik Toolbars atau Keyboard. Abaikan bagian ini dahulu. Kamu akan lihat nanti bagaimana caranya untuk menetapkan makro untuk toolbar, dan keyboard.


Bagian selanjutnya adalah “Toko makro di?”. Pada saat itu membaca Semua Dokumen (Normal.dot). Ingat apa yang Normal.dot? Itulah dasar template untuk semua dokumen Microsoft Word. Dengan kata lain, makro kamu ciptakan akan tersedia untuk setiap dokumen Word baru. Kamu dapat mengubah ini sehingga makro yang dibuat hanya dalam dokumen yang sedang Kamu kerjakan juga. Klik tanda panah bawah yang berwarna hitam untuk melihat judul dari dokumen yang Kamu miliki terbuka.


Bagian terakhir adalah Deskripsi. Ini hanya catatan ketika makronya diciptakan, dan siapa yang menciptakannya. Anda dapat mengubah ini sesuatu untuk Kamu. Rakyat berbahaya menciptakan macro jahat pasti akan mengubah rincian.
Setelah Kamu telah memberikan Kamu nama makro, klik tombol OK. Kotak dialog Anda akan terlihat seperti ini:




Ketika Kamu menekan tombol OK, Kamu kembali ke dokumen Word Kamu lagi. Tapi sekarang Kamu akan melihat toolbar yang aneh di atas halaman Kamu. Dan pointer mouse akan berbeda. Halaman Kamu akan terlihat seperti ini :


Share on Google Plus

About Daffa Surya Ardana

0 comments:

Post a Comment